Langsung ke konten utama

INFORMASI DAN FORMAT ACARA PKM & IHEC 2020



Selamat Datang
di Blog SKINERS (Sie Kerohanian Islam Ners) Al-Furqon
Fakultas Keperawatan
Universitas Airlangga



PKM & IHEC 2020
Pekan Keperawatan Muslim dan Islamic Health Essay Competition 2020
Dengan TEMA
Peningkatan Kompetensi Perawat Dalam Penatalaksanaan Palliative CareTerkini Pada Klien Dengan Penyakit Kronis Berbasis Pendekatan Spiritual”


  


PKM & IHEC merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh SKINers Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang terdiri dari 2 kegiatan yaitu lomba esai dan seminar keperawatan muslim dengan tema tahun ini adalah “Peningkatan Kompetensi Perawat Dalam Penatalaksanaan Palliative Care Terkini Pada Klien Dengan Penyakit Kronis Berbasis Pendekatan Spiritual.”
Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pasien yang banyak menderita penyakit kronis. Penyakit kronis merupakan jenis penyakit degeneratif yang berkembang atau bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama, yakni 3 bulan, 6 bulan, atau bahkan lebih. Orang yang menderita penyakit kronis cenderung memiliki tingkat kecemasan yang tinggi dan cenderung mengembangkan perasaan hopelessness dan helplessness karena berbagai macam pengobatan tidak dapat membantunya sembuh dari penyakit kronis (Sarafino, 2006).
Beberapa penyakit kronisada yang berkembang menjadi penyakit kondisi terminal, yaitu penyakit pada stadium lanjut, yang tidak dapat diobati, bersifat progresif, serta pengobatan hanya bersifat paliatif (mengurangi gejala dan keluhan dan memperbaiki kualitas hidup). Menurut Stuard & Sundeen (1995), penyakit terminal merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan tidak ada obatnya, serta kematian tidak dapat dihindari dalam waktu yang bervariasi.
Meningkatnya jumlah pasien mengidap penyakit ini seperti penyakit kanker, penyakit degeneratif, penyakit paru obstruktif kronis, HIV/AIDS danpenyakitkronis lain yang memerlukan perawatan paliatif, disamping kegiatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.
Palliative care adalah pelayanan yang bertujuan memperbaiki kualitas hidup pasien dan keluarga yang menghadapi masalah berhubungan dengan penyakit yang dapat mengancam jiwa, melalui pencegahan dan membantu meringankan penderitaan, identifikasidini dan penilaian yang tertib serta penanganan nyeri dan masalah lain baik fisik, psikososialdan spiritual (WHO,2011). Tujuan terapi paliatif adalah untuk mengantisipasi, mencegah, dan mengurangi penderitaan pasien dan sedapat mungkin meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarganya, tanpa dipengaruhi stadium penyakit ataupun kebutuhan terhadap terapi lainnya.Perawatan paliatif dapat memenuhi kebutuhan perbaikan kualitas hidup penderita dan keluarganya melalui perawatan yang tidak hanya menekankan pada gejala fisik seperti nyeri, tetapi juga terhadap aspek-aspek emosional, psikososial dan spiritual. Berbagai aspek-aspek tersebut sangat dibutuhkan oleh pasien yang mengalami penyakit kronik, khususnya aspek spiritual yakni mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. (Anita, 2016)
Dengan memberikan perawatan paliatif berbasis spriritual ini, diharapkan pasien penderita penyakit terminal memperoleh dampak yang positif, baik dari kesehatan psikis, psikologis, maupun psikososialnya. Namun, tidak hanya tenaga medis saja yang menangani kasus ini, peran mahasiswa juga berpengaruh dalam menangani kasus penyakit kronik.


ASEMINAR dan WORKSHOP
                    Hallo Mahasiswa dan perawat seluruh Indonesia, perlu kita ketahui Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kasus penyakit kronik dengan jumlah tinggi di dunia dan tidak jarang kasus ini berkembang menjadi kondisi terminal karena prognosis yang memburuk, sehingga dibutuhkan sense of caring atau biasa disebut Palliative Care. Oleh karena itu kami Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga  mengundang seluruh Mahasiswa dan perawat Indonesia untuk mengikuti Seminar dan Workshop.
        .
    ðŸ“œ Tema Seminar: Peningkatan kompetensi perawat dalam penatalaksanaan 
         Paliatif Care terkini pada klien dengan penyakit kronis berbasis 
         pendekatan spiritual
        .
        .
        ðŸ“… Tanggal: 27 September 2020
        ⏰ Waktu : 08.00 WIB - selesai
        ðŸ“Œ Via Zoom
        .
        .
        ðŸ“œ Alur pendaftaran
        ðŸ’¸ Lakukan pembayaran Rp 25.000 ke  rekening bank Mandiri. 
              178-00-0179506-7 atas nama Irfani Zukhrufatul Maulida
        ðŸ’¸ Isi gform di web https://bit.ly/PekanKeperawatanMuslim2020
        ðŸ’¸ Kirim bukti transfer berupa foto ke CP: Dela – 082265578839
              Dengan format: SeminarPKM2020_Nama
        .
        ✨Benefit
              a. e-Sertifikat 2 SKP PPNI    
              b. SoftCopy Materi
        .
        ðŸ“² Info selengkapnya :
             Instagram : pkmihec_unair
             Website : http://skinersua.blogspot.com
             Email : eksisbarengskiners@gmail.com
        .
        ☎️ Cp:
              Novi 0857 4874 0638
              Dela 0822 6557 8839

B. ISLAMIC HEALTH ESSAY COMPETITION (IHEC) 2020
             1.  Tema Essay
                 “OPTIMALISASI GENERASI MADANI DALAM PENATALAKSANAAN PALlIATIVE                                        CARE DI ERA INDUSTRI 4.0” 
             2.  Subtema Esai:
                  a. Sains dan Teknologi
                  b. Sosial-Budaya
                  c. Pendidikan Kesehatan
            3.  Timeline Perlombaan
                                  
                 Keterangan: Pendaftaran dan pengumpulan esai keseluruhan setiap gelombang pukul                                              23.59 WIB pada tanggal yang sudah tertera. Peserta yang melewati batas                                                                  akhir pengumpulan esai akan didiskualifikasi.
            4 . Biaya Registrasi Peserta IHEC:
                  a. Gelombang I : Rp 30.000
                  b. Gelombang II: Rp 40.000
            5.  Prosedur Pendaftaran IHEC 
                       a. Prosedur pendaftaran lomba dan pedoman lomba dapat diunduh di link berikut Juklak                                              IHEC 2020 ->  https://bit.ly/BukuPanduanIHEC2020
                  6.  Penghargaan Juara
                       Juara 1                                     : e-Sertifikat + Uang Pembinaan
                       Juara 1                                     : e-Sertifikat + Uang Pembinaan
                       Juara 2                                     : e-Sertifikat + Uang Pembinaan
                       Juara 3                                     : e-Sertifikat + Uang pembinaan
                       Juara Harapan 1 dan 2             : e-Sertifikat + Uang Pembinaan
                       Seluruh Peserta                        : e- Sertifikat

          Contact Person IHEC : Deviana (085103977662)
                                                Ririn (0858 5162 3075)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

INFORMASI DAN FORMAT ACARA PKM & IHEC 2021

  Selamat Datang di Blog SKINERS (Sie Kerohanian Islam Ners) Al-Furqon Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga PKM & IHEC 2021 Pekan Keperawatan Muslim dan Islamic Health Essay Competition 2021 Dengan TEMA “ Optimalisasi Asuhan Keperawatan Pada Pasien dengan Riwayat Penyakit Kronis Melalui Pendekatan Spiritual di Era Pandemi Covid-19” Penyakit kronis merupakan jenis penyakit degeneratif yang berkembang atau bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama, yakni lebih dari 6 bulan (Sarafino, 2006). Penyakit kronis menjadi fenomena yang banyak terjadi dikalangan masyarakat dimana terjadi peningkatan yang signifikan terhadap penyakit tidak menular. Salah satu Penelitian yang dilakukan di India menyatakan bahwa penyakit kronis dan penyakit tidak menular menjadi penyebab kematian tertinggi (Joshi, et al., 2006). WHO juga menyatakan kematian di dunia 60% disebabkan oleh penyakit kronis dengan 73% diantaranya akibat penyakit tidak menular (WHO, 2018) . Di Indonesia, prev

PKM DAN IHEC 2022

  Selamat Datang di Blog SKINERS (Sie Kerohanian Islam Ners) Ad-Dhiya Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga   PKM & IHEC Pekan Keperawatan Muslim dan Islamic Health Essay Competition 2022 Dengan TEMA "Pengembangan kompetensi perawat dalam meningkatkan kesehatan jiwa dan psikososial masyarakat berbasis spiritual care di tatanan klinik dan komunitas pada masa Pandemi Covid-19"   Kesehatan mental merupakan keadaan dimana seseorang sejahtera secara mental atau terbebas dari berbagai bentuk gejala gangguan mental (Putri dkk, 2015). Kondisi ini dapat ditandai dengan kemampuan individu untuk menggali potensi diri, beraktivitas secara produktif, berinteraksi positif dengan orang lain dan mampu mengelola koping dengan baik untuk merespon berbagai permasalahan atau tantangan hidup. Jika seseorang tidak mampu menghadapi permasalahan karena besarnya tuntutan atau tantangan hidup, maka dapat menyebabkan stres atau depresi. Stres dan depres

INFORMASI DAN FORMAT PKM & IHEC 2019

Selamat Datang di Blog SKINERS (Sie Kerohanian Islam Ners) Al-Faruq Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Hal yang paling ditunggu-tunggu telah tiba…….. PKM & IHEC 2019 Pekan Keperawatan Muslim dan Islamic Health Competition 2019 “Peningkatan Kompetensi Perawat melalui Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial Spiritual Berbasis Islam pada Situasi Krisis dan Bencana ” PKM & IHEC merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh SKINers Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang terdiri dari 2 kegiatan yaitu lomba esai dan seminar keperawatan muslim dengan tema tahun ini adalah “Peningkatan Kompetensi Perawat melalui Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial Spiritual Berbasis Islam pada Situasi Krisis dan Bencana ” . Indonesia merupakan negara yang berada diantara pertemuan ke 3 lempeng tektonik besar, yaitu Indo-Australia, Eurasisa dan Lempeng Pasifik. Pertemuan ketiga lempeng ini menyebabkan kontur tanah dan relief yang